Informasi Prabowo Subianto Terkini dari Sumber Terpercaya

Pemulung di Jakbar Bobol Kantor, Curi Emas dan Dolar AS, Kerugian Rp220 Juta

Pemulung di Jakbar Bobol Kantor, Curi Emas dan Dolar AS, Kerugian Rp220 Juta

Jumat, 9 Agustus 2024 – 13:37 WIB

Jakarta, VIVA – Seorang pemulung berinisial MN dan tiga rekannya ditangkap buntut membobol kantor perusahaan di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Akibat pencurian itu, kerugian ditaksir mencapai Rp220 juta.

Baca Juga :

Rupiah Hari Ini Diprediksi Mampu Perkasa ke Rp 15.830 per Dolar AS

“Pelaku MN bin PD berprofesi sebagai pemulung. Dalam melancarkan aksinya, pelaku dibantu oleh tiga temannya,” kata Kapolsek Metro Tamansari, Komisaris Polisi Adhi Wananda, Jumat, 9 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, kejadian pencurian itu terjadi pada 21 Januari 2024. Pelaku memilih beraksi di akhir pekan karena kantor libur sehingga kondisi sepi. 

Baca Juga :

Rupiah Diperkirakan Perkasa Menuju Rp 15.800 per Dolar AS

Lantas MN, dalam aksinya mengajak ST, TO dan AI  membobol kantor itu. Polisi saat ini masih memburu AI yang masih buron.  Sebelum beraksi, mereka nongkrong di warung kopi dulu menyusun rencana.

“Merencanakan aksi mereka dengan berkumpul di warung kopi sebelum beraksi mereka membagi tugas. Ada yang membuka jalan dan ada juga yang memantau sekitar lokasi,” jelas Adhi.\

Baca Juga :

Rupiah Perkasa ke Level Rp 15.982 per Dolar AS

Ilustrasi borgol untuk pelaku kejahatan.

Dalam aksinya, mereka mencongkel jendela dan membobol gypsum memakai linggis. Kemudian, para pelaku membobol brankas yang ada di ruangan manajer lantai tiga. 

Selain itu, kawanan pelaku juga membobol gypsum penutup jendela untuk masuk ke ruangan manager keuangan di lantai tiga. 

“Setelah mematikan rekaman CCTV, pelaku menggunakan alat seperti linggis, palu, pahat, dan obeng untuk membuka brankas dan mengacak-acak isinya,” kata dia.  Adapun kasus itu kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian. 

Menindaklanjuti laporan, polisi menangkap pelaku utama MN pada 27 Juli 2024. Saat diciduk, pelaku MN tengah menarik gerobak di kawasan Glodok, Jakarta Barat. 

Selanjutnya, dilakukan pengembangan sehingga dua teman MN dicokok.

“Kerugian tersebut meliputi uang tunai sebesar 75 Euro, 345 Dolar AS, 1800 RMB, serta emas dan uang tunai, dan sebuah handphone Samsung J7,” jelas. 

Pun, pelaku MN bin PD juga sudah mengakui perbuatannya saat diinterogasi. “Para pelaku menggunakan hasil kejahatan untuk membayar hutang dan memenuhi kebutuhan para pelaku,” katanya. 

Atas perbuatan itu, para pelaku ditetapkan jadi tersangka dan ditahan. Mereka dikenakan Pasal 363 Ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

 

Halaman Selanjutnya

Menindaklanjuti laporan, polisi menangkap pelaku utama MN pada 27 Juli 2024. Saat diciduk, pelaku MN tengah menarik gerobak di kawasan Glodok, Jakarta Barat. 

Halaman Selanjutnya