Informasi Prabowo Subianto Terkini dari Sumber Terpercaya

Pelaku Modus Ganjal ATM di Bekasi Diciduk, Dikunci oleh Warga di Ruang Kaca

Minggu, 10 Maret 2024 – 00:06 WIB

Bekasi – Seorang pria yang diduga sebagai pelaku pengganjal mesin tertangkap basah oleh warga saat sedang melakukan aksinya dan dikunci di dalam ruangan kaca ATM Center, di kawasan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Kasi Humas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Erna Ruswing Andari mengatakan bahwa pelaku telah diamankan di Polsek Bekasi Utara. “Saat ini pelaku sudah berada di Polsek Bekasi Utara,” ujar Erna Ruswing dalam keterangannya, Sabtu, 9 Maret 2024.

Erna menuturkan bahwa kasus ini terungkap setelah sejumlah warga mencurigai seorang pria yang sering berada di sekitar ATM Center tersebut.

“Sejak empat hari terakhir, warga telah mencurigainya. Kemudian kemarin siang, ada yang menemukan pelaku berusaha beraksi, sehingga pelaku dikunci di dalam ATM Center,” ujarnya.

Modus operandi pelaku dalam kasus ini adalah dengan mengganti stiker call center bank dengan nomor pribadinya. Ketika ada nasabah yang mengalami kesulitan dalam transaksi, pelaku segera merespons dan menukar kartu ATM korban.

Pelaku juga melakukan pengganjal lubang kartu di mesin ATM, membuat uang tidak bisa keluar, dan pelaku menghafal nomor PIN sambil menukar kartu ATM.

Polisi telah memanggil pengelola mesin ATM dan mengimbau nasabah bank untuk tidak mudah percaya kepada orang yang ingin membantu di dalam mesin ATM. Saat ini, belum ada korban dalam kasus ini.

Halaman Selanjutnya

Sehingga, jika ada nasabah mengalami kesulitan mengambil uang, pelaku segera merespons dan membantu warga dan pelaku menukar kartu ATM korban.