Informasi Prabowo Subianto Terkini dari Sumber Terpercaya

Penipuan Mengatasnamakan Pejabat Terjadi di Sulsel, Pj Gubernur Sulsel Dicatut

Rabu, 6 Maret 2024 – 03:54 WIB

Makassar – Penipuan dengan memanfaatkan nama pejabat mulai marak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Baru-baru ini, oknum tidak bertanggung jawab mencatut nama Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dengan modus pemberian bantuan dana.

Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Andi Winarno Eka Putra mengatakan bahwa penipuan ini dilakukan dengan modus pemberian bantuan dana hibah untuk masjid, yang mengatasnamakan Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin.

“Hati-hati jika ada yang menghubungi via WhatsApp atau telepon, mengatasnamakan Bapak Gubernur untuk memberikan bantuan. Karena ada yang mencatut nama Bapak Gubernur, dengan modus menawarkan bantuan dana hibah masjid,” kata Winarno dalam keterangannya, Selasa, 5 Maret 2024.

Dia menjelaskan bahwa penipuan dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan menggunakan nomor 0821 4347 8406. Mereka juga memasang foto profil saat Pj Gubernur Sulsel sedang memberikan sambutan di atas podium.

Winarno menyatakan bahwa tindakan penipuan atas nama pejabat tersebut tidak bertanggung jawab, sehingga Pemprov Sulsel meminta masyarakat untuk waspada terhadap pesan-pesan modus penipuan yang mengatasnamakan Pejabat. Masyarakat diminta untuk segera melapor kepada pihak berwajib apabila menerima pesan yang mencurigakan.

Penipuan dengan mencatut nama pejabat telah terjadi sebelumnya, termasuk kepala daerah seperti Pj Bupati Bone Andi Islamuddin, Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Penipuan dilakukan melalui berbagai platform aplikasi termasuk media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Masyarakat diharapkan untuk tidak terpancing oleh modus penipuan semacam ini dan segera melaporkan jika menerima pesan mencurigakan.