Informasi Prabowo Subianto Terkini dari Sumber Terpercaya

Tahanan Kabur, Kapolsek dan Wakapolsek Tanah Abang Diperiksa Propam

Kamis, 22 Februari 2024 – 18:33 WIB

Jakarta — Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang sedang diperiksa oleh Propam Polres Metro Jakarta Pusat karena 16 tahanan kabur dari polsek tersebut. Keduanya diperiksa sebagai penanggung jawab.

“Baik kapolsek maupun wakapolsek sedang diperiksa secara intensif,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro, Kamis 22 Februari 2024.

Sebanyak 10 personel Polsek Metro Tanah Abang menjalani pemeriksaan oleh Propam. Mantan Kapolsek Metro Gambir ini mengatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas sesuai dengan bukti yang ada, jika ditemukan kelalaian dalam kaburnya para tahanan tersebut.

“Setidaknya sudah ada 10 personel Polsek Tanah Abang yang menjalani pemeriksaan untuk mendalami unsur kesalahan dan kelalaian petugas jaga tahanan. Tentunya terkait sanksi disiplin,” ujarnya.

“Saat ini pemeriksaan masih berlangsung masih mengkaji berbagai unsur kesalahan atau kelalaian. Sehingga tentunya dalam waktu dekat akan ada sidang disiplin terkait dengan petugas atau personel Polsek Tanah Abang yang diduga lalai,” kata Susatyo menambahkan.

Sebelumnya, polisi mengungkapkan identitas delapan tahanan Polsek Metro Tanah Abang yang kabur dan telah ditangkap. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan bahwa hingga saat ini masih ada enam tahanan yang masih buron.

“Hingga saat ini dari 14 tahanan yang melarikan diri, sudah ada 8 tersangka yang diamankan kembali. Adapun 6 tersangka lainnya masih buron,” katanya, Kamis, 22 Februari 2024.

Polres Metro Jakarta Pusat telah menerbitkan DPO (daftar pencarian orang) terhadap 6 tersangka yang masih buron. Susatyo meminta agar masyarakat melapor kepada kepolisian terdekat atau hubungi call center Sat Reskrim Polres Jakpus 0812 8070 6629 jika mengetahui keberadaan mereka.

“Tim gabungan saat ini masih akan terus memburu 6 tersangka, kepada pihak keluarga atau kerabat yang turut membantu pelarian dalam bentuk apa pun akan dikenakan sanksi hukum,” katanya.

Sebelumnya diwartakan, ada 16 tahanan yang kabur dari Polsek Metro Tanah Abang pada Senin, 19 Februari 2024, sekitar pukul 02.40 WIB. Hingga saat ini, baru dua orang yang berhasil dicokok lagi. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

“Mantan Kapolsek Metro Gambir ini menyebut tim gabungan dari Polres Metro Jakarta Pusat dan Polsek Metro Tanah Abang telah dibentuk guna melakukan pengejaran.”