Informasi Prabowo Subianto Terkini dari Sumber Terpercaya

Pemuda Viral Palak Warga Tanah Abang dengan Modus Bersih-bersih Got, Ternyata Berakhir Dengan Penangkapan

Kamis, 4 Januari 2024 – 15:49 WIB

Jakarta – Warga Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat geram karena aksi beberapa pemuda yang melakukan pungutan liar (pungli) dengan modus bersih-bersih selokan menjadi viral di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @jakpus24jam.

Dalam postingan akun tersebut, dua perwakilan dari kelompok pemuda tersebut dimarahi oleh Ketua RW setempat karena mendapat protes dari warga terkait aksi pungli mereka. Mereka melakukan pungli ke warga setempat dengan mendesak dan meminta uang secara paksa.

Sebuah narasi dalam akun tersebut mengatakan bahwa sebanyak 10 orang tak dikenal dimarahi oleh ketua RW 06, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa 2 Januari 2024 Petang. Ketua RW 06, Zulkarnain marah karena ke-10 orang tersebut hendak bersih-bersih di wilayah lingkungannya tanpa izin Rt/Rw setempat.

Terkait hal ini, polisi juga mengangkat bicara. Polsek Metro Tanah Abang melalui Kapolseknya, Komisaris Polisi Patar Mula Bona, mengatakan bahwa pihaknya langsung mengusut kasus tersebut. Namun, warga yang menjadi korban tidak mau melanjutkan kasus ini ke proses hukum.

Patar mengatakan bahwa para pelaku memiliki modus dengan membawa alat bersih seperti karung dan sapu. Polsek Metro Tanah Abang juga telah mengamankan para pelaku untuk pembinaan dan diminta membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Dalam video itu, terlihat seorang pria yang diduga sebagai Ketua RW memarahi sekelompok pemuda. Pria itu mempertanyakan kelakuan para pemuda yang asal bersih lingkungan tanpa izin pengurus warga setempat.

Halaman Selanjutnya
Polsek Metro Tanah Abang juga sudah mengamankan para pelaku untuk pembinaan. Kemudian, mereka diminta membuat surat pernyataan supaya berjanji agar tak mengulangi perbuatannya lagi.