Informasi Prabowo Subianto Terkini dari Sumber Terpercaya

2 Pria Licik Ini Memasukkan Nasi Campur Berisi Narkoba ke Lapas Kediri

Kediri – Dua pria berinisial MCA dan AV ditangkap petugas setelah mencoba menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kediri, Jawa Timur, pada Rabu, 22 November 2023. Keduanya menaburkan sabu-sabu ke tumpukan nasi putih yang akan diberikan kepada teman mereka yang sedang mendekam di penjara.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono, menjelaskan, upaya penyelundupan narkotika ke dalam Lapas Kediri itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, saat jam besuk dibuka. MCA dan AV mendaftar ke petugas untuk menjenguk teman mereka yang sedang mendekam di dalam Lapas Kediri. Saat itu, MCA menyerahkan tiga bungkus nasi yang ditujukan kepada salah satu narapidana berinisial SSA yang juga terjerat kasus narkoba.

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), semua barang yang dititipkan pengunjung harus melalui pemeriksaan ketat, termasuk tiga bungkus nasi titipan MCA. Meskipun tidak ada yang mencolok dari nasi bungkus tersebut secara kasat mata, petugas intelijen Lapas Kediri memeriksa nasi tersebut dengan mesin X-Ray dan menemukan kecurigaan. MCA pun diminta untuk mencicipi nasi tersebut dan mengaku bahwa nasi itu terasa pahit dan membuatnya pusing. Untuk memastikan isi dari nasi tersebut, petugas lapas berkoordinasi dengan Satuan Narkoba Polres Kediri Kota.

Hasil koordinasi tersebut membawa petugas Polres Kediri Kota membawa MCA dan AV beserta barang bukti nasi bungkus yang dititipkan. Hasil pemeriksaan awal menyatakan bahwa nasi bungkus tersebut merupakan titipan dari kawannya yang tinggal di Pagu, Kediri. Kedua pelaku juga terlibat dalam jaringan pengedar narkoba, menurut Kepala Lapas Kediri, Hanafi.